Wednesday, March 2, 2011

TUJUH PABRIKAN CHIP JEPANG TANTANG AMD DAN INTEL

Gabungan tujuh samurai jepang berusaha menaklukan dominasi AMD dan Intel di pasar processor dunia.
Tidak tenang dengan dominasi pabrikan Amerika terhadap industri CPU, tujuh perusahaan processor dominan dari jepang telah bergabung, dan sepakat untuk menciptakan microprocessor baru. Koalisi processor ini dipimpin oleh merger dari NEC dan Renesas, yang membuat mereka menjadi perusahaan pembuat chip nomor  tiga terbesar didunia. Bergabung dengan NEC dan Renesas adalah Canon, Toshiba, Hitachi, Fujitsu, dan Panasonic.
Tujuh samurai ini berusaha untuk menciptakan CPU komersial yang mampu berjalan dengan tenaga matahari, kompetibel dangan software energy saving yang dikembangkan oleh professor Hironori Kisahara dari Universitas Waseda. Menggunakan energy berbasiskan jumlah data yang diproses, processor akan tetap aktif walaupun tidak ada pasokan energy. Prototype yang saat ini sedang di uji coba, di laporkan dapat berjalan dengan energy 30% lebih rendah dari CPU yang dijual di pasaran saat ini.
 Standar baru ini, bersamaan dengan CPU, akan diperkenalkan pada 2012. CPU ini dapat digunakan untuk semua system elektronik. Menurut para pengamat, walaupun processor gabungan ini mampu menarik perhatian lebih dari CPU milik AMD dan Intel, tetap saja transisi dari platformx86 akan memakan waktu tahunan. Dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mengembangkan dukungan software untuk mengembangkan platform baru. Tapi bagaimana pun juga, gabungan raksasa Jepang ini merupakan bagian masa depan dari system computer. Ketika tujuh samurai bergabung, mereka pastinya tidak bermain-main. (sumber PCmild)

No comments:

Post a Comment